Friday, October 2, 2015

Seserahan yang biasa digunakan dalam Pernikahan


Seserahan / Hantaran / Peningset merupakan simbolisasi dari pihak pria sebagai bentuk tanggung jawab kepada pihak keluarga wanita. Dari kebutuhan ujung rambut sampai ujung kaki wanita si pria menyediakannya.

Sebelum menyiapkan seserahan, ada baiknya Anda membuat daftar barang-barang yang akan dibeli. Hal ini bisa digunakan sebagai satu cara untuk menentukan budget Anda serta untuk menentukan kapan Anda mulai membeli seserahan tersebut.

Ketika membeli barang-barang seserahan, sebaiknya si wanita ikut hadir. Mengapa demikian? Seserahan adalah barang-barang yang akan diberikan untuk pihak wanita, maka sebaiknya barang-barang yang dibeli juga sesuai dengan selera dan pilihan mempelai wanita. Setidaknya ukuran baju, merk bedak dsb...dari pada nanti beli tidak terpakai kan mubadzir.

Barang-barang inilah yang biasa ada dalam seserahan:

1. Alat sholat
2. Satu set cincin nikah
3. Perhiasan dari emas, intan, atau berlian
4. Seperangkat busana putri
5. Buah-buahan
6. Makanan tradisional
7. Peralatan Mandi
8. Peralatan makeup
9. Sepatu/selop
10. Sprei dan Bed cover
11. Handuk
12. Pakaian dalam dan Pakaian tidur
13. Tas
dll

Semua juga akan tergantung kesepakatan berdua. Untuk Seserahan masing-masing Adat juga berbeda tentunya dari Jawa, Sunda, Betawi dll

Contoh seserahan yang berkaitan dengan adat sbb:
1. Kain Jarit
2. Suruh ayu
3. Kambing
4. Pohon asem , Beringin
5. Isi rumah
dsb...


Pilih barang seserahan yang tepat ya, Ladies......Jangan sampai pilihan Anda terlalu memberatkan beban keluarga calon suami tentunya

No comments: