Tuesday, October 20, 2015

Tata cara membuat mahar siluet wajah dari uang koin dan kertas


Berbagai  trand model mahar bermunculan melihat kebebasan berkreasi saat ini. Membuat desain se unik mungkin dan para pasangan biasanya menggabungkan kedua inspirasi sehingga makin unik dan tak ada yang menyamainya.

Melihat maskawin pernikahan terdapat poto berdua menjadi kepuasan tersendiri. Uang yang dipadukan dengan poto pasangan menjadi ada sentuhan seni tersendiri. Dan hal ini menjadi trand model mahar Siluet menjadi mahar popular di toko Nizar mahar saat ini. Para pengunjung seakan terhipnotis dan terkesima melihat contoh mahar siluet dan langsung memilih model itu untuk maskwinnya nanti.

Cara membuat mahar siluet itu sendiri adalah sebagai berikut :

1.       Siapkan alat dan bahan
Persiapkan dulu uang koin baru dari bank. Kenapa harus baru karena kilau uang baru akan mempengaruhi hasil mahar siluet itu nantinya. Persiapkan bingkai, bacgroun hitam, dan lem.


2.       Hitung koin sesuai nominal mahar
Untuk mahar biasanya kita sesuaikan sesuai tanggal nikah, atau nominal unik. Sehingga kita harus hati-hati dalam menyiapkannya. Harus sesuai dan tepat….urusannya adalah “DOSA”.
Lebih mudah dipisahkan tempat lain, menghindari tercampur dengan uang lainnya.
Jika si customer membebaskan nominal maskawinnya itu akan jauh lebih mudah. Jadi kita bebas menggunakan jumlah koin sampai model tersebut terwujud.


3.       Ukur kebutuhan koin
amati dulu kebutuhan yang diinginkan customer. Pertimbangkan luas bingkai dengan nominal mahar. Jangan asal tempel ternyata kurang atau kelebihan maka akan kerja repot sendiri. Bisa diakali jenis koin yang digunakan dengan space bingkai itu, apa RP. 50-100-200-500 atau 1000 untungnya Indonesia punya uang koin banyak variasi, jadi kita mudah memperhitungkannya.


4.       Tempel koin alas
Sebar dulu koin diatas bacground dan sesuaikan. Jika sudah dirasa cukup dan rapi baru di tempel dengan lem. Sehingga semua akan terukur dan hasilnya imbang kanan kirinya.


5.       Tempel koin atas
Setelah koin tertempel rata background, maka sebaiknya kita tempel di atasnya untuk menutupi celah-celahnya. Hal ini pengaruh dari jumlah nominal mahar maupun jenis koin yang digunakan. Jika memang koin tak mencukupi untuk ditumpuk maka tidak apa. Hasilnya ok juga kok. Atau dibuat desain siluet unik sehingga koin sedikit bisa ditumpuk dan menarik atur-atur aja…customer maunya sesuai dan menarik, tak mau tau prosesnya gimana…iya nggak bos


6.       Rapikan dan cek nominal
jika semua koin sudah tertempel, cek ulang nominalnya…karena ini hal penting. Kita editpun belum terlambat dan tak repot nantinya.


7.       Buat poto Siluet
untuk poto tak harus barengan, banyak customer bertanya dan ragu apa bisa…coz mereka berjauhan dan tak pernah poto bareng….hi..hi…jaman digital, santai bos hidung pesek aja bisa dimancungin kok hahahaha…. Minta poto gaya apa saja dan edit menggunkan photoshop maupun Corel. Tutorial bis di belajari lewat mbah google (maaf bos..aku sih belum bisa. Klo aku tinggal tarik adikku sendiri..hehehe untung punya adik baik hati dan berada di dunia digital)


8.       Tempel poto di atas koin
Jika dirasa sudah cukup pengeditan potonya, ups jangan lupa nama, tanggal nikahnya….cek betul ejaannya. Kemudian print…trus tempel dengan super teliti. Jangan ada gelembung udara karena efek jelek hasilnya. Posisikan tepat di tengah-tengah yang sejajar, selaras dan seimbang hahahha..


Bisa bos bayangin masang anti gores di HP?... berapa kali masang? Sekali langsung bagus kah?
Kalau anti gores cobat-cabut g masalah…di ulang-ulang no problem.

Kalau poto siluet…sudah di tempel ya sudah, tak bisa cobat-cabut, potonya akan kusut dan rusak. Nah kenapa model ini mempunya harga penawaran dan jual khusus…belum biaya cetaknya…iya kan bos…wajarlah harganya sesuai kesulitannya….

9.       Rapikan dan cek ulang
Sesudah tertempel poto siluetnya, rapikan kembali hindari ada gelembung udara. Perhatikan bagian pinggirnya jangan sampai terlewat.
cek lagi kesesuaian = Nama, Nominal dan Tanggal
( karena ini sangat-sangat penting bagi mahar pernikahan. jika salah atau bohon maka pernikahan suci jadi taruhannya...syah tidaknya pernikahan itu ).


10.   Buat hiasan di atas/bawah
Untuk uang kertas, bisa di kreasikan menjadi bunga mekar, atau bunga art. Berbentuk ukiran-ukiran untuk mempercantik mahar. Perhitungankan jumlah uang kertas yang tersedia. Pastikan diposisi mana akan dipasang, jangan nanti tidak imbang karena memaksa hiasan ternya uangnya kurang. Hiasan dari uang kertas bisa dipasang di atas saja, bawah saja atau jika banyak bisa atas bawah biar seimbang.


11.   Rapikan dan cek ulang
Jika sudah semua tertempel, rapikan dari sisa lem maupun kotoran saat proses. Ce lagi jumlah nominal, nama, tangga sesuai request. Hal ini sebagai polisi terakhir pengecekan. Jangan sampai salah dan customer kecewa. 


Tahap ini bisa dikirim poto hasilnya ke customer, agar bisa melihat dan di cek ulang. Jika ada yang mau di edit atau di tambahkan. Bahkan ada de baru dari cutomer masih bisa dilaksakanan.

12.   Finishing
Jika semua sudah rapi, tanpa ada editan kembali mahar bisa dibingkai. Cantik bukan hasilnya setelah ada bingkainya. Yaa Bingkai adalah pemoles hasil kreasi…pilih bingkai yang bagus dan senada dengan nuansa mahar sehingga membantu membuat mahar semakin menarik. Jangan sampai bacground dan list bingkai kontras sehingga memperburuk tampilan mahar.


Demikian cara membuat mahar model Siluet dengan uang koin.
Mudah bukan….semoga bermanfaat, selamat mencoba
Lebih mudah silahkan lihar video review nya.


Toko Nizar Mahar
Melayani : Desain mahar by custom, hantaran, seserahan, undangan, souvenir
Jl. Raya Ponorogo KM. 1 Ds. Kaibon kec. Geger Madiun
HP 081-382-488-745 (whatsapp)
BB – 24E10205

6 comments:

Unknown said...

yg dicontoh pakai uang 100 atau 200 yah mas?

admin blog said...

contoh yang di buat uang Rp. 50
kalau buat siluet.. uang koin apa aja bisa kok
yang penting masih baru agar hasilnya maksimal

Febra Palentina said...

Nempel siluetny pake apa y mas? Trus ngprint fotony apakah hrs pke krtas khusus?

UDDIN KONOHAGAKURE said...

fotonya pake stiker ato apa itu om?? ditempel dikacanya apa di uangnya?? trims pencerahannya

Brata Putra said...

iya itu kertas buat print fotonya buat bisa nempel pake apa? apa kertas foto biasa trs digunting2 dilem apa gmn?

admin blog said...

Blogger Febra Palentina
Blogger UDDIN KONOHAGAKURE
Blogger Brata Putra

Terimakasih atas kunjungannya
semua jasa mahar biasanya bebas menggunakan bahan apa saja...
bisa scotlite, kertas hitam, atau stiker
senyaman dan semudah kita membuatnya

semua di tempel d atas koinnya baru di lindungi kaca bingkai