Wednesday, May 25, 2016

Solusi berbagai permasalahan dalam membuat hantaran seserahan pernikahan


Para sobat yang menggeluti usaha hantaran atau mau mencoba sendiri. Kali ini hanya sekedar share dari pengalaman. Mungkin sudah banyak sobat pengusaha hantaran lebih paham dan ahli dalam menyelesaikan berbagai hal baru ( kalau bilang masalah kok berat banget kelihatannya hehehhe ) yang sering terjadi.
Mengingat customer kita adalah RAJA, dan dia juga belum paham kinerja dan aturan dalam Desain hantaran.. so bias dibayangkan kalau ketemunya yang ngeyel hehehehe


Contoh permasalahan yang sering terjadi untuk desain hantaran

Barangnya banyak dengan box/nampan terbatas.
Hal ini sering dijumpai untuk penganut adat tertentu dimana sangat menjaga agar kelancaran pernikahannya nanti, ada yang minta harus ganjil ( 5–7–9 box/nampan ), ada yg hanya 2-3-4 box saja karena budget, dan alas an lainnya. 

Ya memang awalnya pasti stress barang banyak tapi harus dirangkai semua hanya jadi beberapa box saja. Kalau hanya dilipat dan ditumpuk saja nggak mungkin dunk
o   Pilih beberapa bahan dan bayangkan hal ini muat dalam box
o   Usahakan model bahan dalam 1 box nyambung dan mendukung contoh angsa + bunga, kelinci + bunga ( jangan = angsa + kura-kura)
o   Jadikan 1 box barang yang tidak bisa dibentuk (tas, sepatu, make-up, alat mandi) agar tidak mengganggu bahan yang dibentuk.

Baju tidur + Kaos dalam + pakaian dalam

Handuk + Handuk Kecil + Kain

Make up + sandal

Tas + Sepatu + Make up
Baju + Handuk + Pakaian dalam
baju dan buku


Barangnya sedikit dijadikan banyak hantaran.
Ya..bayangin aja, maunya waach…banyak…tapi bahan bawaannya sedikit, kalau di ecer masing2 box terlihat kosong. Bingung juga sich.

Pasti ada salah satu customer kita mempunyai sifat ini. Tapi itu bukan masalah rejeki jangan ditolak hehehehe.
o   Pilih dan pilah bahan hantaran dan imajinasikan akan menjadi bentuk apa, otomatis karena banyak box jadi harus berbeda-beda
o   Pilih ukuran box sesuai bahan yang dihias untuk menghindari terlihat kosong.
o   Akali dengan bantuan asesoris agar terlihat berisi dan menarik.
 
make up


pakaian dalam


Bahan hantaran berbeda.
Ya pasti semua bahan akan berbeda. Halus-kasar, tebal-tipis, lembut-licin, bermerk dan biasa dan berbagai bahan hantaran yang disajikan pada desainer agar bahan tersebut menjadi karya seni yang wach, lucu, mewah.

Tantangan selanjutnya jika ada yang request bentu ini itu, dan bahannya ternyata bahan unik yang ruar biasa hehehhe
o   Jangan menjanjikan sebuah bentuk pada customer. Karena berbagai bahan hantaran itu sangatlah berbeda. Ketemu bahan tebal, kasar, licin, alus… dilipet ambruk melulu, ditekuk malah kaku… yaaaa berarti ubah imajinasi anda sesuaikan bentuk dengan bahan yang ada.
o   Jangan terpaut handuk harus kucing, kain harus angsa… bebaskan diri anda dari sebuah model bahan hantaran.
o   Bahan make-up yang kecil-kecil usahakan ditonjolkan agar mudah terlihat. Jika di sembunyikan nanti kalau customer nge-cek tidak ada, kita sendiri yang repot.
 
keluarga ikan dr pakaian dalam


keluarga kucing dari handuk

keluarga kelinci dari handduk dan pakaian dalam
 
bad cover

bad cover

pakaian dalam

sprei dan Al quran




Bahan hantaran kurang.
Sebenarnya sih tidak ada standard harus ada, hantaran itu berapa dan apa saja. Semua bebas secara umum, kemampuan dan adat yang ada. 

Mungkin karena kebiasaan buat hantaran kebanyakan pakai abcd, kok ini tidak ada…nah loo… siap akalin lagi. Nggak mungkin kan kita telp customer kita untuk belanja lagi….apa yang ada…ya itu kita rangkai.
o   Apa yang ada ya itu kita ubah menjadi sebuah maha karya.
o   Jangan mati kutu karena 1 atau barang tidak ada terus bentuk tersebut tidak jadi
o   Gunakan bahan lain, ubahlah bentuk, atau cari cara lain agar wujud desain terbentuk.
Contoh :         ada mukena tidak ada sajadah dan tasbih
              Ada alat mandi tapi tidak ada make up

hanya Tas tanpa Sepatu
Mukena tanpa Sajadah
    
Box/nampan berbeda.
Kalau hal ini mungkin tidak terlalu beresiko, kalau banyak jam terbangnya mungkin biasa. Karena ada yang membawa box sendiri, ada yang request harus model box abcd dll. Jika menggunakan box kita sendiri tentu hal ini bukan jadi masalah.

o   Gunakanlah tutup sesuikan ukuran nampan/box sehingga bias terbungkus rapi.
o   Besar kecilnya box bias di sesuikan ukuran isi sehingga lebih maksimal

box dengan tutup

keranjang

box tanpa tutup

box mika

nampan


Mungkin masih banyak hal-hal yang menjadi sebuah hal baru bagi kita. Tetapi apapun itu jangan matikan imajinasi kita, jangan terpaut model itu saja. Fleksibel mengikuti bahan yang ada itu lebih mudah dari pada kita memaksakan diri. Nanti malah bahannya rusak kita sendiri yang kesusahan dan mengecewakan customer. Jika ada sobat pembaca pernah mengalami hal baru dalam desain hantaran, bias share dan berbagi disini. 

Hal baru pasti akan menjadi lebih seru dan menambah koleksi pembelajaran dan pengalaman kita.

No comments: