Modus Penipuan layanan Mandiri E-cash


Salam, info buat para Pelapak semoga kita terhindar dari kejahatan dan penipuan yang semakin pandai memanfaatkan kecanggihan teknologi. Yang familiar kita dengar mungkin Mandiri e-cash, Bank pertama adalah Bank mandiri yang meluncurkan produk e-cash Money untuk memudahkan pelayanan buat masyarakat. Saat ini hampir semua bank mulai mengenalkan layanan ini pada nasabahnya.


Mandiri e-cash disebut sebagai uang tunai di handphone layanan keluaran dari Bank Mandiri. Digunakan untuk membeli barang di merchant / toko tertentu, transfer saldo e-cash, bahkan bisa digunakan untuk tarik tunai di atm.

Hampir sama seperti kartu ATM yang bisa digunakan untuk tarik tunai, transfer, belanja di toko, dsb. Bedanya kalau ATM harus memiliki rekening bank Mandiri terlebih dahulu. Sedangkan pengguna Mandiri E-Cash tidak perlu memiliki rekening bank dan hanya perlu memiliki sebuah ponsel dan nomor telepon yang masih aktif. 

Disini kecanggihan teknologi disalah gunakan oleh beberapa oknum menjadi sebuah penipuan

CIRI-CIRI PENIPUAN:
1.    Beli barang tidak basa-basi dan cepat deal
Karena biasa menjelaskan pada pembeli berhari-hari, berjam-jam kadang mbulet, nggak paham-paham, berbelit-belit...dsb...kok ini langsung OK kan aneh

2.    Kirim foto KTP / SIM 

Lah dalah, biasa kita yang diminta kirim KTP, bukti transfer orang beli, bukti barang abc-z .ini malah yang beli setor KTP kan aneh.
Ternyata trik buat kita lebih yakin. Tapi tidak menjamin apakah KTP/SIM dia, colongan atau nemu, jadi jangan langsung percaya.

3.    Alasan tidak punya rekening, pakai mandiri e-cash

Ya memang pembeli adalah raja, apapun caranya dia yang penting tetap pada KODRAT jual beli “ada uang ada barang lebih aman.  Jadi cek dulu mutasi rek kita saldo bertambah atau tidak. Kalau belum berarti jangan dikerjakan, jangan diproses, jangan dikirim.

4.    Di suruh SEGERA ke ATM saat ini juga (sedikit memaksa) 
Ini sudah jelas PENIPUAN beralasan ngecek transferan. Minta nomer Hp terus telp sedikit memaksa dan mengarahkan kita SEGERA ke ATM, apapun kondisinya. Kalaupun transfer tinggal kirim buktinya, di cek kapan saja atau by mobile banking kan bisa tanpa harus kita ke ATM.

5.    Alasan Pakai kode OTP agar uang bisa masuk ke rekening kita
OTP (One Time Password) muncul pada pemegang aplikasi e-cash. E-cash bisa dibilang kode aman pada saat  transaksi di masing2 aplikasi HP nya sendiri. Untuk kita yang menerima transfer itu tidak perlu OTP. Jadi bukan kita ke ATM dapat sms OTP baru cair , itu adalah PENIPUAN.

6.    Minta difotokan / tanya saldo di rekening
Alasan bukti transfer masuk atau belum, saldo bertambah atau tidak agar tidak ada kesalahan. Padahal ini TRIK penipu untuk mengira-ngira berapa besar akan menguras isi tabungan kita.
Jika tranfer ya transfer saja tak perlu tau isi sebelumnya... gitu aja kok repot.

7.    Minta Saldo di rekening adalah Rp. 500.000,-
Dalam istilah transfer atau tarik tunai tidak ada hubungannya dengan saldo kita. Bisa-bisanya penipu aja biar banyak dia rampas.  Jangan diteruskan, rekening jangan diisi uang atau pinjam2 dana ke teman, saudara, dsb. Selama rekening kita aktif, maka tidak ada minimum dana yang tersimpan di rekening agar bisa terima transferan. Untuk tarik tunai minim pengambilan kelipatan 100.000,-.


Jika salah satu atau beberapa poin tersebut terjadi pada temen2 silahkan STOP tak perlu diperpanjang nanti akan mengganggu konsen kita, nafsu kerja dan menguras energy sia-sia.

CARA KERJA PADA E-CASH MANDIRI


TRANSFER



1.    E-cash tidak ada menu layanan transfer, adanya kirim ke sesama e-cash dan rek mandiri. TIDAK BISA transfer ke bank lain.
2.    Kalau info sudah transfer, berarti sudah masuk ke rek mandiri kita, cek saja melalui mutasi. Tanpa harus ke mesin ATM dan membutuhkan  kode OTP. Kita sebagai Pihak penerima hanya pasif saja.
3.    Kode OTP digunakan oleh penggunakan e-cash saat melakukan transaksi.


TARIK TUNAI

Jika pembeli/penipu itu bilang menggunakan tarik tunai e-cash mandiri, maka pahami dulu cara kerja dibawah ini.

Langkah Tarik Tunai dengan e-cash mandiri
1.    Pertama-tama pilih menu tarik tunai ATM di handphone Anda
2.    Pilih besarnya nominal tarik tunai yang diinginkan
3.    Kemudian masukkan PIN e-cash
4.    Anda akan menerima OTP (One Time Password) melalui sms dari 3355.
5.    Kita ke mesin ATM
6.    Tekan tombol hijau / OK / accept di mesin ATM Mandiri
7.    Pilih menu Mandiri e-cash
8.    Pilih menu cash withdrawal
9.    Masukkan nomor e-cash Anda
10. Masukkan OTP e-cash
11. Transaksi selesai dan jangan lupa ambil uang dari mesin ATM Mandiri
12.  Selanjutnya Anda akan menerima SMS notifikasi.


1.    Cara Tarik tunai e-cash mandiri adalah datang ke ATM dan pencet tombol hijau (OK/ENTER) tanpa memasukkan sesuatu (ATM) ke mesin. Jadi jika disuruh memasukkan ATM ke mesin itu sudah KEBOHONGAN.
  

 2.    Cara Tarik tunai tidak ada STRUK/BUKTI transfer.
Jadi jika pembeli mengirim bukti transfer tetapi menyuruh tarik tunai itu KEBOHONGAN.
3.    Setiap melakukan tarik tunai diusahakan dekat pada mesin ATM. Karena OTP berlaku hanya sekali dan hanya 15 mnt. Jika hilang maka akan berubah lagi. Dan ini tidak berpengaruh pada cash money. 
4.    Jika kita tidak ke ATM, terus penipu bilang uang sudah ditransfer dan sedikit ancaman buat kita bahwa uang akan hilang itu KEBOHONGAN


Kejadian khusus
Tarik tunai bisa dilakukan hanya yang punya e-cash mandiri saja.
Kasus khusus jika yang punya e-cash menyuruh keluarga/orang kepercayaannya lagi di rumah atau suatu tempat butuh uang. Maka bisa si penerima langsung ke ATM dan komunikasi by phone untuk isi kode e-cash dan OTP. Dan lagi pihak penerima TIDAK memasukkan sesuatu pun (ATM) di mesin ATM.

Ini adalah layanan mandiri untuk memudahkan orang mengambil uang dari atm jika tidak membawa ATM bahkan tidak punya ATM sekalipun.


Tarik tunai bisa diibaratkan kita beli tiket online
kita beli tiket kereta/pesawat melalui HP/internet terus kita pergi ke mesin tiket
ketik KODE keluar TIKET nya
selesai 
 


Apa yang terjadi saat ATM kita masukkan mesin ATM?
Diarahkan ke uang elekronik

memilih Mandiri e-Cash

Menu layanan hanya Upgrade dan Isi ulang
Tidak ada menu tarik tunai, kita diarahkan isi ulang e-cash penipu itu sampai saldo tabungan kita habis.

Himbauan
1.    Jangan tergiur info mendapat hadiah atau kejutan dari sebuah produk
2.    Jangan senang dulu barang yang kita di jual ada yang nawar langsung deal

Karena ini akan menjadi SUGESTI dalam diri kita untuk mendapatkan hadiah/uang penjualan itu. Kita diarahkan pada mesin ATM dan di tuntun isi e-cash si penipu. Kita tidak curiga karena yang diketik no HP bukan no rekening. Dan ini tanpa paksaan sehingga jika dilaporkan pada pihak berwajib akan sedikit lama prosesnya. Langkah pertama hub bank mandiri untuk memblokir no e-cash penipu tersebut.

Jika kita tidak melakukan apa yang dia perintah maka sedikit cacian dan kebun binatang akan keluar, dan ancaman untuk melaporkan dan mengupload di medsos. 
Jika anda pada Posisi BENAR, JANGAN TAKUT. Itu adalah gertak sambal...biar kita merasa bersalah...takut nama kita jelek...mengecewakan pelanggan...itu semua juga TRIK penipu. Agar kita ke ATM dan menguras saldo Tabungan kita.


Kita coba pakai jalan aman, walau uang transfer belum kita terima, barang kita coba proses
Ternyata dia tidak mau
Kita coba mau balikan uang nya, minta rekeningnya
Dia juga tidak mau juga
orang beli, dikasih barangnya tidak mau, dibalikin uangnya tidak mau
Dia mau kita tetep PERGI ke ATM
ya sudah jelas ini niat jahat, atas bantuan CS Mandiri penjelasan dan bukti-bukti nyata akhirnya si PENIPU kabur sendiri.  

Tetap semangat mencari rejeki yang halal dan berkah, semoga oknum2 tersebut cepat mendapat hidayah dan kembali ke jalan yang benar. 
Hargai dan bersyukur atas jerih payah keringat kita.
Salam FJB semua...semoga kita selalu dalam Lindungan ALLAH....amiin

"Terimakasih atas segala bantuannya dari CS Bank Mandiri KCP Madiun Bpk. Mahfut Effendi  yang meluangkan waktu untuk menjelaskan dan praktek langsung cara penggunakaan Mandiri e-cash. salam sukses selalu"

Baca juga :




Terimakasih banyak sudah menginformasikan keberadaan www.maskawinmu.com kepada keluarga, saudara, teman dan sekitar anda
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Modus Penipuan layanan Mandiri E-cash"
 
Copyright © 2014 Maskawinmu - All Rights Reserved - DMCA
Modified Template ByMadja